Berikut adalah 14 Tips untuk Bekerja dari Rumah

Jika dilakukan dengan benar, bekerja dari rumah bisa menjadi pengalaman yang positif dan memuaskan bagi Anda, keluarga, dan perusahaan Anda. Ikuti tips berikut ini untuk mendapatkan manfaat maksimal dari bekerja dari rumah:

1. Pahami Harapan Perusahaan Anda

Apakah persyaratan dan tugas pekerjaan Anda akan sama di rumah seperti di lingkungan kantor? Berapa banyak dukungan yang akan Anda terima sebagai pekerja kantor rumahan? Beberapa perusahaan memiliki pedoman yang sangat ketat tentang peralatan dan dukungan yang akan disediakan oleh perusahaan dan yang tidak. Perusahaan seringkali menyediakan laptop dan telepon serta mendukung keduanya, tetapi tidak mencakup printer atau monitor, misalnya. Penting untuk memastikan di mana perusahaan Anda berdiri dan apa yang mereka bersedia negosiasikan.

 

2. Penuhi dan Melebihi Harapan Perusahaan Anda

Anda juga harus memastikan atasan Anda mengetahui bahwa Anda, pada kenyataannya, secara konsisten memenuhi atau melebihi harapannya. Anda mungkin bekerja 10 jam sehari, tetapi tidak akan berarti apa-apa jika atasan Anda tidak mengetahuinya atau jika Anda tidak mendapatkan hasil yang diharapkan! Bagaimana cara Anda mengkomunikasikan upaya dan hasil Anda kepada atasan? Jangan mengandalkan mereka untuk mengevaluasi hal ini. Performa Anda, atau kekurangannya, mungkin tidak dibahas sampai ada kebutuhan akan kambing hitam atau jika ada sesuatu yang salah.

 

3. Siapkan Ruang Kerja yang Nyaman dan Terpisah

Ini penting untuk kesuksesan Anda sebagai pekerja jarak jauh. Ruang Anda harus relatif bebas dari gangguan seperti keluarga, hewan peliharaan, televisi, dan bahkan pemandangan menarik jika Anda baru dalam bekerja dari rumah. Anda harus memiliki kursi berkualitas baik dan monitor besar jika Anda sebagian besar bekerja di komputer (siapa yang tidak?).

 

4. Pastikan Anda Memiliki Semua yang Anda Butuhkan

Komputer, telepon, printer, WiFi yang baik, dan ruang kerja yang terorganisir sudah menjadi kebutuhan dasar. Tetapi Anda juga akan membutuhkan kertas, kartrid tinta (Anda akan terkejut seberapa cepatnya tampaknya harus diganti, bahkan dalam lingkungan "tanpa kertas"), mungkin juga surat kepala, pena, catatan stik, dll. Pikirkan tentang banyak hal yang Anda gunakan di kantor dan lemari persediaan yang lengkap di sana. Apakah Anda akan mengunjungi kantor secara berkala untuk mengisi ulang item-item umum ini atau membelinya dan mendapatkan penggantian biaya? Tentukan hal ini sebelumnya.

 

5. Tetapkan Batasan dengan Keluarga dan Teman Anda

Ini sangat penting tidak hanya untuk kesuksesan Anda dalam bekerja dari rumah, tetapi juga untuk hubungan pribadi Anda! Ketika Anda pertama kali mulai bekerja secara jarak jauh, teman dan keluarga mungkin tidak memahami tuntutan yang dibutuhkan oleh pekerjaan ini. Seorang teman yang penjaganya batal mungkin akan meminta tolong kepada Anda: "Bisakah Anda menjaga anak-anak, karena Anda bekerja di rumah?" Anda mungkin mendapatkan undangan makan siang atau minum, yang kemudian Anda menyadari bisa dimasukkan ke dalam jadwal Anda secara periodik. Namun, pada awalnya, Anda perlu berhati-hati untuk menetapkan batasan bagi keluarga dan teman Anda serta membentuk kebiasaan kerja yang baik bagi diri sendiri.

 

6. Tetapkan Waktu Kerja atau Tujuan Tertentu

Tujuan sangat penting untuk menjaga Anda tetap berada dalam jalur yang benar, serta untuk mengukur kemajuan Anda. Bekerja dari rumah bisa sangat positif dalam hal otonomi dan kemandirian, tetapi juga bisa membuat kesepian dan tidak memuaskan tanpa umpan balik reguler yang diperoleh saat bekerja di kantor. Pekerja jarak jauh perlu merasa yakin bahwa mereka melakukan apa yang diperlukan untuk dianggap berhasil dan merasa aman dalam pekerjaan mereka. Rasa paranoia bisa muncul dengan cepat tanpa masukan reguler dari rekan kerja.

 

7. Tetap Terhubung

Mungkin ide bagus untuk memulai bekerja dari rumah hanya satu atau dua hari dalam seminggu dan meningkatkannya secara bertahap dari situ. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk secara perlahan beradaptasi dengan cara berkomunikasi yang lebih alami. Anda akan menemukan bahwa Anda dan rekan kerja Anda mungkin akan lebih sering mengirim email atau telepon untuk tetap berhubungan. Anda akan menentukan masalah dan/atau rekan kerja mana yang harus dihadapi dan mana yang tidak. Produktivitas yang meningkat akibat berkurangnya gangguan rekan kerja mungkin menjadi manfaat utama dari bekerja dari rumah.

 

8. Jadwalkan Istirahat Harian dan Mingguan

Banyak karyawan yang bekerja dari rumah merasa mereka menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer, yang dapat mengurangi produktivitas secara keseluruhan. Jadwalkan istirahat dalam hari Anda. Luangkan waktu untuk makan siang (kapan pun Anda inginkan—tidak ada yang memperhatikan!) dan berdiri serta berjalan-jalan sesekali. Anda mungkin merasa berguna untuk mengatur alarm di kalender Anda sebagai pengingat untuk menjauh dari komputer. Pekerja jarak jauh mungkin tidak menyadari bahwa mereka menatap layar dengan mata terpejam, merasa lapar, atau bahkan perlu menggunakan kamar kecil ketika mereka terlalu tenggelam dalam pekerjaan.

 

9. Pahami Gaya Kerja Anda

Sangat penting bagi Anda untuk memahami cara terbaik bagi Anda untuk bekerja. Apakah Anda bekerja lebih baik sesuai dengan mood Anda? Jika ya, catatlah tugas Anda berdasarkan jenis tugas: pekerjaan komputer, pekerjaan telepon, pertemuan, dll. Dengan cara ini, Anda dapat menyelesaikan tugas-tugas ini saat Anda berada dalam kondisi terbaik. Gaya komunikasi Anda juga memainkan peran penting dalam gaya kerja Anda secara keseluruhan. 

 

10. Lacak Pekerjaan dan Kemajuan Anda

Perusahaan Anda mungkin memiliki cara khusus bagi Anda untuk melacak waktu Anda. Mungkin cukup dengan mengirim email kepada atasan Anda saat Anda mulai dan berhenti bekerja. Atau mungkin ada sistem pelacakan waktu yang lebih rinci di mana Anda mencatat aktivitas spesifik Anda dalam interval waktu atau gaya jurnal. Mungkin ide yang baik untuk mencatat dengan lebih detail apa yang Anda lakukan. Hal ini bisa berguna jika Anda diminta untuk membenarkan waktu Anda atau saat Anda ingin meminta kenaikan gaji.

 

11. Evaluasi Kemajuan Anda Setiap Minggu

Penting untuk mengorganisir pekerjaan Anda sedemikian rupa sehingga Anda dapat dengan cepat dan jelas melihat apa yang telah Anda capai. Gunakan aplikasi kalender favorit Anda untuk melacak hal ini. Di beberapa industri, penghitungan jam yang dapat diuangkan atau sistem jurnal (bahkan kombinasi keduanya) adalah standar. Bagaimanapun pendekatannya, Anda perlu dapat dengan jelas menentukan bahwa Anda berada pada jalur yang tepat untuk mencapai tujuan Anda.

 

12. Sesuaikan Cara Anda Menyelesaikan Pekerjaan Anda

Jika ada yang tidak berjalan dengan baik, jangan takut untuk mengubahnya. Sebagai pekerja jarak jauh, Anda mungkin menjadi pelopor di kantor, perusahaan, atau industri Anda. Investasikan waktu Anda dalam meneliti cara untuk meningkatkan produktivitas Anda. Jangan takut untuk bertanya, "Apakah ada cara yang lebih cepat, lebih baik, atau lebih efektif di luar sana?" Cari tahu, meskipun dengan hati-hati. Jangan langsung menerapkan solusi pertama yang muncul. Cobalah dengan hati-hati. Tidak semua solusi memenuhi kebutuhan semua pengguna.

 

13. Minta Bantuan atau Masukan

Lakukan pertemuan rutin dengan atasan atau rekan kerja Anda. Pertemuan ini bisa dilakukan mingguan, bulanan, atau per kwartal. Pertemuan mungkin lebih sering ketika Anda pertama kali mulai bekerja dari rumah. Bicaralah dengan orang lain di bidang yang sama yang juga bekerja dari jarak jauh. Gunakan media sosial untuk tetap terhubung dengan jaringan profesional Anda dan mendapatkan nasihat tentang bekerja dari rumah. Pilihlah dengan selektif grup atau daftar yang ingin Anda ikuti. Anda tidak ingin media sosial menjadi gangguan daripada sarana untuk tetap terhubung dan mendapatkan bantuan ketika Anda membutuhkannya!

 

14. Jaga Kesehatan Anda

Sulit untuk memberikan yang terbaik saat Anda tidak merasa baik, dan ini terutama sulit ketika Anda tidak mendapatkan umpan balik dan masukan secara teratur!

Bangunlah pada waktu yang tetap dan berpakaianlah. Sarapan dan minum kopi sebelum bekerja jika itu kebiasaan Anda. Jika biasanya membawa bekal sendiri, siapkan bekal untuk makan siang ketika Anda siap. Temui rekan kerja atau teman untuk makan siang secara berkala jika Anda memiliki kebiasaan seperti ini. Tetapkan waktu istirahat dan waktu selesai secara teratur. Yang terpenting, hindari godaan untuk bekerja saat seharusnya waktu bersama keluarga, dan ingatlah untuk berolahraga dan mendapatkan cukup tidur.

 

Bekerja dari rumah bisa menjadi perubahan yang menyenangkan bagi banyak profesional. Namun, bisa sulit untuk beradaptasi dengan tidak perlu pergi ke kantor setiap hari. Ikuti tips di atas untuk berhasil bekerja dari rumah, tidak peduli tahap apa pun yang Anda hadapi dalam karier Anda.

 

Referensi:

https://www.goodreads.com/user/show/132574250-kemp

http://star-ton.com/user/holeclerk39/

http://druzhba5.dacha.me/user/soysarah40/

http://kosmetikinstitut-milla.de/user/weedact20/

http://shisha.from.kg/user/lunglan58/

http://euroleagues.net/user/sushisarah03/

http://fut.uz/user/weedfrown37/

http://170.sadiki.by/user/hookmouse80/

http://okprint.kz/user/polandlink35/

http://dreempics.com/user/edwardbox07/